Rabu, 24 Juli 2013

Tophan Purnamasari Putra :')

"mmm Topan iku Lek onok gak dianggep lek gak onok dikangeni" Kata-kata Amri yang paling bikin jleb anak kelas. haha nulis ini jadi keinget masa-masa bareng Topan, anak paling geje dan paling bikin illfeel sedunia -_-" dari kelas X bareng. akhirnya pisah juga di kelas XII gara-garanya dia dapet kesempatan nuntut ilmu di negeri paman Sam. kurang keren gimana?? Topan yang selalu diejek, selalu terbuly akhirnya bisa juga dapat beasiswa sekolah di US selama 1 tahun. jadi kita gak lulus bareng-bareng, tahun depan dia balik lagi ke Indonesia buat belajar lagi jadi siswa kelas XII dan bareng angkatan adek kelas *sedih ceritanya :'(

awalnya kita seneng, bangga lah punya temen kayak Topan.
Apalagi dulu yang ngisiin tentang "Bagaimana topan itu" di formulir AFSnya aku :D *tsahh.. padahal aku nulis Topan itu geje, topan itu gak jelas topan itu aneh, eh ternyata lolos juga.. selamat deh :D
Kemarin malam (23/07), Topan ngadain acara Farewell party. bisa dibilang lusa (25/07) Topan udah "angkat kaki" dari Jember. itu artinya kita bener-bener bakal pisah sama Topan.
Anehnya, baru hari ini bisa bener-bener sedih, bisa bener-bener ngerasain kehilangan seorang Topan yang dulunya beneran gak pernah dianggep, terabaikan akhirnya bener-bener ngilang. itu artinya kita emang sayang sama Topan, Texas ngerasa kehilangan. Setiap guru yang tanya "Tophan kemana" Texas diam, ngebayangin seorang Topan yang ada jauhhhh dinegeri orang.
Topan... Jangan lupain kita ya :) kamu baik-baik disana, sehat selalu jangan lupa Sholat
Texas will miss you *celalu celamanya . . . . . .



"Semangat yo rek UN'e tahun ngarep, haha aku gak melok UN" -Topan :')

Kan topan geje ya? emang paling geje -___________-"


Secuplik keharuan perpisahan








Sedih ngeliatnya hiks :'(

Sukses Pannnn !!!!!!!!!

Minggu, 21 Juli 2013

20 besar dari 124 peserta? lumayan (nyesek)


Peringkat 19 (bisa juga 18 karena nilai sama) itu gimana ya rasanya... mau bilang seneng ya terlalu jauh keatasnya, mau bilang sedih ya alhamdulillah bisa ngalahin 105 orang.
Ya udahlah, yang lalu biarlah berlalu, dibuat pelajaran aja kedepannya.
gak lolos OSN emang berat, tapi.... pasti ada hikmahnya :')

Rabu, 10 Juli 2013

So fail. Be bad at things. Be embarrassed. Be afraid. Be vulnerable. Go out on a limb or two or twelve. You will fall, and it will hurt. But the farther you fall, the higher you will rise. The higher you rise, the clearer your future becomes. Failure is a gift, welcome it.

When, I have to leave you

Ketika sebuah impian terakhir yang begitu besarnya gagal ditengah jalan..

Rasanya sama, "kayak maen game tinggal 1 level ngelawan raja terus kalah gara-gara kehabisan peluru"
Iya, berat banget, berat atas perjuangan selama ini, berat atas pengorbanan selama ini.
Pengorbanan mulai harta, fisik sampai nilai!!! uang buat fotokopi ini fotokopi itu sampe ngeprint buku pula, banyak sampai ada 9 buku tebal yang harus dihapalkan. fisik? tiap hari begadang, tiap hari belajar buat kamu  tapi itupun tak cukup, pengorbanan nilai? peringkat turun, banyak ulangan-ulangan keteteran, ini emang salahku, gabisa ngatur jadwal yang bener. tapi harus ada 1 pilihan untuk maksimal, aku ingin total! totalitas. tapi ternyata ketololan ketotalanku gak ada artinya, toh ya gagal juga. oke mungkin orang ngelihat & memandangnya biasa saja, cuma gagal osn udah gitu? tapi untuk yang merasakan? gagal osn rasanya emang udah kayak gak ada harapan, gagal emang sakit, bahkan sampai membius semua saraf dalam tubuh, bahkan hingga saat ini aku tak percaya kegagalan itu, aku tak percaya masih benar-benar belum percaya.

Semua impian itu benar-benar nyata, sebuah realisasi bahwa aku dapat berhasil. sebuah gambaran nyata yang selalu ada dalam doaku. tapi ternyata hanya halusinasi semu yang tak ada manfaatnya. pesawat itu, teleskop itu, batuan-batuan itu, pembinaan dari provinsi itu dan yang utama australia itu. semua terasa begitu dekat, hanya tinggal 1 langkah, dan aku jatuh!!! semua gambaran itu pecah, berhamburan menjadi satu yang tak tentu arah.
mewajibkan diri untuk bangkit, tapi pecahan kepingan impian itu menancap dalam ke mata, hingga ku buta tak tentu arak. tercederai oleh impian sendiri.

Kegagalan dalam kesempatan terakhir, kegagalan? orang bilang kegagalan satu paket dengan kesuksesan, tapi hanya ini modal kesuksesanku, lalu apa pasangan dari kegagalanku ini?
Hanya Tuhan yang tahu, hanya Tuhan yang katanya pelindung hamba-hambanya yang tahu, entah akan diberikan, atau tidak lagi-lagi hanya Tuhan yang tahu.

Now, I Have to leave you, Geology, Geomorphology, Meteorology, Astronomy, Oceanography. It's hurt, but I'm still wishing I can meet you again next time. I don't know when, and is it possible?.. this's my last chance. ahh shit happens. don't give up the step to success might be closer than you think :')
Just because I fail once, doesn't mean I'm gonna fail at everything, right?

Aku juga lelah saat semua berkata, jangan menyerah coba lagi! what? coba lagi? ini kesempatan terakhirku, andai aku masih kelas X. mungkin masih ada tahun depan untuk mencobanya, namun sayang aku di kelas XI sekarang, tak ada kesempatan. dan aku gagal disaat inilah kesempatan terakhir. apa yang harus aku coba sekarang? nothing~

Selasa, 09 Juli 2013

COMING VERY SOON!


COMING VERY SOON! Kisah petualangan nekat kita di Bromo :D
next post guys (alibi) (aslinya nunggu poto diupload)

Say bye geosains :)

Setelah kurang lebih 1 bulan menunggu pengumuman hasil OSN, akhirnya hari ini (8/7) diumumin juga, dan ternyata. gak ada namaku, entah aku gak ngerti ngadepinnya gimana, sedih? jelas, tapi lebih tepatnya cemburu, ngeliat TL & beranda FB penuh sama ucapan syukur temen-temen yang lolos OSN 2013 ini, mereka keren, hebat. aku gak ngerti mau ngomon apa, mau nulis apa sekarang

tapi yang jelas mimpi yang udah dibangun lama.. lama banget hancur gitu aja, sebenernya gak muluk sih mimpi itu, cuma bisa pengen naik pesawat :') itu aja, simpel kan? iya. tapi ternyata gak sekarang juga aku bisa ngeraihnya.
seenggaknya ada banyak pelajaran dibalik ini semua, waktu pengumuman, aku jadi nostalgia dulu waktu seleksi sekolah (OSS) waktu itu dilaksanain hari minggu, aku pulang ke rumah, hari itu hampir aja aku gak berangkat ke sekolah buat ikut seleksi tingkat sekolah, alesannya males. tapi gara-gara anak kelas si adit sms nyuruh berangkat, ya aku berangkat. belajar buat OSS ini aku pake sistem semalem, malemnya belajar numpuk banget. nunggu lama buat pengumuman, hampir 2 minggu gak diumumin sampek aku udah hopeless gitu, lagipula aku ngeliat anak-anak IPS pada niat semua, yg dari IPA juga banyak, apalagi anak kelas X. materi OSS ini kebanyakan diambil dari kelas X, jadi bener aja anak kelas X jauh lebih mateng dari aku yang ngulang materi cuma semalem, lama-lama aku lupa kalo pernah ikutan OSS -___-"
waktu pengumuman, pengumumannya di tempel, dari sebejibun anak yang ikutan, diambil 10 anak buat seleksi lagi jadi 3 besar, ternyata di seleksi ini aku nomor 6. dan si adit temen kelasku itu dapet nomor 9.
seleksi tahap ke-2 minggu depan, aku gak boleh nyianyiain kesempatan ini, akhirnya aku belajar niat buat yang kali ini, sering belajar bareng sama adit. sampek-sampek aku gak ikut ulangan biologi buat nyiapin OSS ini, dan akhirnya hari seleksi tiba, deg-degan sih, gegara ngeliat hasilku yang peringkat 6 itu. bisa nggak, masuk 3 besar, anak yang nomor 1,2,3 itu anak rajin-rajin jadi lumayan hopeless lagi. waktu pengumuman, nah itu pengumuman ditempel waktu hari selasa pelajaran terakhir, aku inget gara-garanya ada ulangan MTK dikelas, temenku komang yang emang jago mtk udah selesai, jadi dia keluar dulu. waktu masuk kelas lagi, dimana semua siswa pada frustasi ngerjain MTK si komang jalan ke bangkuku, terus dia bilang "dek kamu lolos tuh ossnya" aku langsung shock, rasanya lemes.. lemes banget. dan langsung aja ngomong keras "serius mang?" sekelas noleh ke aku, sampek guru mtknya bilang "dekaaaa jangan rame!!" | Oh God, aku gak peduli sama ulangan MTKku, aku kerjain sebisanya dan langsung aku kumpulin (dan ternyata kalo dikerjain ngawur aku bisa dapet nilai 98 -_-) terus lari keluar ngeliat pengumuman. dan ternyata terpampang nama "deka herdani kusumastuti" di barisan ke-2. yieyyy aku peringkat 2!!! dan siapa di nomor 1? si adit!!! waoo, keren tuh anak :D
Akhirnya hari-hari yang aku jalani sering banget dipanggil buat kumpul, dikasi pengarahan. dan kau tahu, tiap pulang sekolah selalu aja belajar bareng kakak kelasku yang namanya mas Cahyo, lebih sering dipanggil "big bos" sebenernya aku, adit & afif ini sering sebel ke big bos, suka ngajarin yang aneh-aneh, yang di buku gak ada, dan sering banget kasi PR astronomi yang blass gak ngerti, tapi big bos itu baik banget, selagi anak bidang lain gak ada yang "ngurus" cuma anak kebumian yang bener-bener diurusi sama big bos, mottonya dia kayaknya "harus ada penerusku yang dapet medali buat SMASA" gitu, jadi kita dituntut harus bisa sukses nanti.
Setelah waktu intensif pembinaan 1 minggu, artinya kita punya hak buat gak masuk kelas untuk persiapan OSK usai, tibalah waktu OSK itu, soal-soalnya seru, kece banget dan aku menikmatinya,
pengumuman pun tiba, dan tak disangka-sangka aku bisa menempati peringkat 1, dan nomor 2 dari Sma tanggul disusul peringkat 3 Afif, tapi sedih juga, gak ada adit untuk perjuangan kali ini :(
setelah resmi lolos OSK, aku benar-benar menikmati hariku, fokus akan 1 hal. pelajaran sekolah jadi nomor 2, dan yang utama geosains, aku menikmati pelajaran ini, aku menikmati tidur sampai larut hanya untuk menggeluti bidang ini, aku menikmati omelan-omelan big bos akan jawaban dan pemberian soal-soal susah yang diberikannya, aku menikmati waktuku yang kuhabiskan hanya berdua dengan banyak buku-buku tentang tanah, batuan, air, udara ini. benar-benar menikmatinya.
hingga akhirnya waktu sekolahku tersita untuk sibuk mempelajarinya, sibuk ke dinas pendidikan, sibuk belajar bareng big bos. dan ini indah. mungkin hal terindah dalam keinginanku. gambaran medali seolah-olah berada di ujung kamarku, semua tembok kamar tertutup materi batuan & kristal. itu hiasan terindah yang pernah aku miliki. hingga akhirnya waktu OSP pun tiba, saat semua anak-anak pintar saling berebut kejuaraan.
Malam harinya, aku tahu bukan saat yang tepat untuk belajar. sudah H-1 dan itu akan percuma, akhirnya aku hanya membuka-buka buku dan mengobrol banyak dengan teman-teman kamar sebelah dari Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Gresik. merek mendebatkan masalah-masalah tanah, aku hanya diam mengamati kelemahan "musuh".
Esoknya pun tiba, soal dibagikan dan aku mengucapkan doa untuk Tuhanku. saat soal dibuka, aku mengerjakan semuanya dengan lancar, hanya soal esai yang aku sedikit bingung, tapi aku menjawabnya sebisaku dan maksimal. aku pasrah~
Tapi dibalik kepasrahan ini, ada keyakinan. aku bisa..
namun ternyata Tuhan punya rencana lain, tak ada namaku di pengumuman ini


Ini dari wilayah jawa timur.
ternyata ada yang lebih hebat :) ada yang lebih pantas :) ada yang lebih siap :) untuk mengemban tugas mulia ini, membawa nama baik Jawa Timur di Kancah Nasional


Aku merasa dekat dengan mimpi-mimpi ku, hingga dekstop laptop-pun bertemakan Australia, karena siapapun yang lolos OSN, akan terbang ke australia. sebuah mimpi indah bukan :)
tapi ternyata Tuhan tak berkehendak


Habis ngerjain soal OSP :)

Sebelum pulang dari hotel waktu OSP, kangen kenangan disini. kangen perjuangan lagi

Harapanku telah terhenti disini, takkan ada lagi keajaiban untuk memperjuangkanmu lagi.


DON'T LOSE HOPE WHEN THE SUN GOES DOWN, THE STARS COME OUT