Jumat, 28 September 2012

Bunga Krisan

Sejak lebaran kemarin, aku udah ngidam pake banget sama bunga krisan, aku juga gak ngerti aneh banget... anak yang sebelumnya gak suka bunga tiba-tiba aja pingin bunga krisan.
ada gak yang nggak ngerti bunga krisan? kurasa di Indonesia semua mengerti dan pernah melihat bunga ini, walau dengan berbagai nama yang berbeda. di daerahku bunga ini lebih terkenal disebut bunga seruni :) di Indonesia bunga ini secara umum ada 3 warna. Kuning, merah dan putih.. walau ada warna lain, itu jarang ditemukan di toko-toko bunga biasa.

Nahhh ini bunga krisan :) 


Oke-udah pada tau bunga itu kan?
udah sejak lebaran kemarin itu aku ngrengek-ngrengek ke nenek buat dianterin ke toko bunga. kalau minta mama ZzZzzZzz gak bakal diturutin -___-"
Terus nenek tanya, "kok dungaren pingin kembang? seng sek urip po wes mati? gek gawe opo sopo lo?"
dekapun berkata "mmm mboten ngertos nek, nah sekar urip nek, kepingin nanem sekar niku" -oke bahasa jawa kromoku ancurr -,- jadi campuran deh.
Tapi mungkin nenekku sibuk, dan lagian rumahnya jauh jadi ya sampek sekarang belum keturutan ke toko bunga sama nenek.
3 minggu yang lalu, nenek yang sendirian dari Banyuwangi tiba-tiba nelpon dan bilang kalau sudah ada di kosan. sedangkan aku yang pukul 14.15 masih ndugem di sekolah. akhirnya lari balik ke kosan yang lumayan bikin capek -.-"
akhirnya pintu kamar aku bukain, terus nenek tak suruh tidur, katanya semaleman gak tidur gara-gara bantuin sodara yang lagi nikahan. terus aku balik lagi ke sekolah.
pulang dari sekolah sekitar pukul 5 sore, aku kaget... lah nenek malah nyuciin baju -,- tadi sambat capek lah, ngantuk lah, ini lah.. sekarang malah nyuci baju --naluri seorang nenek (katanya orang sih kasih sayang nenek itu pake banget ke cucunya)
terus nenek tanya, jadi beli bunga seruni apa nggak? lah udah sore gini, apa ya masih ada nek? tanyaku. yaudah wes, nenek tak pulang ya? "lohh nek,, aku ikut ya..!" jadi aku ikut pulang kerumah -- gak tidur dikosan, besok sekolah berangkat jam 5 pagi dari rumah -___-
----------------------
Sedangkan kemarin sepulang sekolah, tiba-tiba nenek bilang mau kekosanku.. aku sih iyain aja, dan terus langsung beresin kamar -- ketimbang diomelin >,<
1,5 jam kemudian akhirnya nenek nyampe kosan. dibawain makanan banyak yang jelas :3 karena bawain cucu makan adalah hobi nenekku :D
lama udah dikosan akhirnya nenek pamit pulang, yang kali ini aku gak ngikut pulang kerumah, ngerti gara-gara besok ada tugas banyak.
sewaktu nenek pulang aku gak nganter smpek grbang, gatau kenapa. selang bebrapa menit kemudian akukan mau ngambil handuk mo mandi. eh tiba-tiba di meja pinggir pintu kamar ada sepot kecil bunga krisan kuning :)

mataku terbelalak.. aihhhhh nenekkkkk............. aku langsung berniat buat sms nenek, tapi langsung aku urungkan gara-gara nenek gak bisa buka sms. jadi nekat nelpon pulsa kesedot banyak coyyy!!! waktu aku mau nelpon, tiba-tiba Hpku udah bunyi duluan.
DK : hallo, nek.. itu bunganya buat aku ?
nnk : wes ketemu kembangge? lah, iyo to.. kan kui seng kok pinginni,
Dk  : inggih nek inggih.. tapi nopo'o kok disalap teng njawi (luar)
nnk : yo ben gak eroh awakmu, ben serpres (surprise) << *oh miapah
DK : yahh nenek.. makasihh nekk.. *nada ngalem (manja red.)
nnk : hooh, lek pingin bunga ngomongo ae ndek nenek, seruni iku lo oleh teko budhe endang *bla*bla*bla dst dst
DK : hehe iya ya nekkk.. 
nnk : yawes lek ngunu, seng penting wes eroh kembange kan? wes iki nenek sek ndek bis. ass
DK : wass

haha nenekku so sweet juga rupanya :)

--------
Krisan, entah.. kenapa tiba-tiba suka bunga ini... sederhana- bunga ini mengingatkanku pada masa kecilku. dulu ada banyak dihalaman rumah, ditanah hingga seperti tanaman liar. saat bunga-bunga tak beraroma ini basah oleh tetesan embun.. yeah, I miss my childhood

Krisan from my beloved grandmom :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar